KAPAN HARUS NAIK?

0
44

 

KAPAN HARUS NAIK? HARGA AKAN MENJADI SENSITIF TERHADAP PSIKOLOGIS KONSUMEN BERKAITAN DENGAN NILAI INVESTASI YANG AKAN DITANAMNYA

Saya masih ingat ketika masih menjadi tenaga pemasar di sebuah proyek di luar Jakarta. Proyek yang diluncurkan merupakan proyek prestise dengan konsep yang relatif baru diperkenalkan ke pasar. Dari iklan-iklan yang ditampilkan di beberapa media massa terkenal di kota tersebut mendapat sambutan yang baik. Tibalah saatnya untuk mengadakan acara peluncuran perdana dari proyek tersebut yang akan diadakan dua hari
Proyek tersebut mempunyai dua tahap pengembangan. Direncanakan dalam acara peluncuran ini akan dipasarkan tahap pertama sebanyak 150 unit. Tanpa disangka-sangka ternyata 80 persen unit habis terjual dalam tempo satu hari bahkan dalam hitungan jam. Para direksi pun mengadakan pesta dadakan untuk keberhasilan itu. Dan semua direksi sepakat untuk membuka tahap kedua keesokan harinya dengan kenaikan harga 12 persen. Hanya seorang dari tim business development perusahaan yang tidak setuju dengan langkah yang diambil direksi tersebut, yang dianggapnya sebagai ‘keputusan yang terlalu cepat’.
Keesokan harinya dengan penuh percaya diri, peluncuran proyek kembali digelar. Ternyata masih banyak konsumen yang datang berminat pada proyek ini. Tetapi yang terjadi proyek hanya membukukan penjualan sebanyak 10 unit dari sisa 180 unit yang dipasarkan. Para Direksi tersentak dengan hasil tersebut. Kondisi psikologis yang membuat para konsumen berbalik. Ketika pada hari kedua mereka datang ke lokasi peluncuran proyek. Di benak mereka telah tertanam harga perdana sebelum dinaikkan 12 persen yang mungkin mereka ketahui dari sahabat atau teman mereka yang telah terlebih dahulu membeli. Namun apa yang mereka dapati adalah harga telah naik 12 persen dan hal tersebut secara langsung akan memukul minat mereka untuk membeli dan merasa kecewa.
Dari sisi investasi mereka akan merasa dirugikan mengingat bahwa nilai saing unit propertinya akan kalah bersaing dengan penjualan tahap pertama yang akan bersamaan dibangun. Hal ini menjadikan pengalaman yang sangat berarti mengenai strategi harga jual dari sebuah proyek properti. Akan lebih baik bila tahap kedua tersebut ditahan untuk diluncurkan ke pasar beberapa selang waktu setelah tahap pertama diluncurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here