DOMBA YANG DI PIMPIN SINGA

0
35
DOMBA YANG DI PIMPIN SINGA

Alexander the Great pernah berkata “Saya tidak takut gerombolan singa yang di pimpin domba, tapi saya takut gerombolan domba yang di pimpin singa“. Gambaran pepatah di atas secara umum tentunya sudah dapat kita mengerti.

Banyak pengembang yang saking ingin membangun profesionalisme, dia lalu memakai semua karyawannya dengan sejumlah profesional dengan bayaran tinggi. Apakah itu yang dikatakan profesional? Bisa dijawab ya bisa tidak. Semakin banyak profesional akan semakin banyak terjadi benturan ide dan pemikiran bila tidak mempunyai koordinasi yang baik. Dalam sebuah divisi di perusahaan dengan banyak profesional dengan bidang yang sama membuat semakin banyak ide yang berkembang dan masing-masing mempertahankan idenya. Alhasil semuanya tidak ada yang bisa mendelegasikan tugasnya dan semua menjadi mubazir. Mungkin kita akan tertawa dengan kondisi seperti ini, namun secara tidak disadari ini pun terjadi di beberapa perusahaan pengembang bahkan pengembang besar.

Karenanya pengertian profesional haruslah ditempatkan pada porsinya tersendiri. Dalam sebuah perusahaan masing-masing profesional akan baik ditempatkan sesuai bidangnya. Dan yang paling penting sebenarnya adalah siapa ‘the man behind the gun’ yaitu pucuk pimpinan perusahaan tersebut yang dapat membuat para profesional bekerja selaras untuk tujuan bersama. Intuisi bisnis seorang leader harus diteruskan kepada para profesionalnya agar semua dapat berjalan dengan sangat dahsyat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here